Ada banyak orang yang bingung mengenai cara olahraga yang benar. Apakah sebaiknya makan terlebih dahulu atau malah olahraga terlebih dahulu. Beragam pertanyaan muncul sesuai dengan tumbuhnya kehidupan digital yang terus bermunculan. Banyak media yang memberikan informasi secara acak. Ada banyak orang juga yang memberikan informasi secara tidak jelas. Rupanya, olahraga setelah makan itu bisa saja dan boleh. Hanya saja harus ada jeda waktu yang tidak mengganggu kinerja lambung dan jantung. Setelah makan tentu perut akan terasa kenyang. Rasa kenyang inilah yang dapat menimbulkan masalah jika langsung melakukan olahraga. Berbeda jika rasa kenyang ini terjadi setelah olahraga karena tubuh yang berkeringat dapat mengolah makanan menjadi lebih baik.

Para pakar kesehatan sependapat bahwa olahraga yang dilakukan setelah makan boleh saja. Hanya saja ada ruangan dalam perut tidak boleh diisi secara penuh. Perut yang terlalu penuh akan rawan terkena penyakit dibanding perut yang kosong kemudian baru berolahraga. Adapun makanan yang dikonsumsi sebelum olahraga antara lain karbohidrat dan protein sehat. Akan lebih baik jika konsumsi buah terlebih dahulu sebelum olahraga. Hindari makanan berat dan berlemak seperti daging ayam, daging merah dan fast food. Cobalah makan pisang, kentang atau apel sebelum olahraga. Akan lebih jika imbangi antara karbohidrat dengan buah yang dibuat jus terlebih dahulu.

Adapun olahraga yang bisa dilakukan setelah makan antara lain angkat beban, jogging, senam, atau yoga. Beberapa olahraga tersebut akan memberikan reaksi berbeda bagi tiap orang karena tubuh tiap orang juga berbeda. Ada orang yang cocok makan terlebih dahulu sebelum makan namun ada juga orang yang justru merasakan kesakitan setelah makan. Nah, bagi Anda yang mengalami rasa sakit setelah makan sebaiknya tunggu jeda terlebih dahulu. Sebaiknya atur jarak satu hingga 2 jam sebelum mulai olahraga. Bisa jadi ada asam lambung dalam perut atau makan terlalu kenyang sehingga tubuh menjadi kesakitan. Olahraga setelah makan sebaiknya dilakukan dengan gaya ringan terlebih dahulu sebelum melakukan gaya berat seperti gerakan inti atau lari. Sebab, perut yang penuh bisa saja memberikan reaksi negatif seperti cegukan, muntah atau kram perut. Semua keluhan tersebut bisa dihindari jika tubuh dapat disiplin. Adapun cara untuk disiplin antara lain.

1. Lakukan pemanasan
Pemanasan sebelum melakukan olahraga ini sangat penting dilakukan guna menghindari cidera. Baik itu olahraga ringan seperti jogging sekalipun. Banyak orang yang menganggap remeh olahraga lari karena hanya mengandalkan kaki saja. Namun tidak banyak orang tahu bahwa olahraga ini justru yang paling penting diantara semua gerakan. Cobalah melakukan penguluran terlebih dahulu, baik itu penguluran tangan, kaki dan leher. Semua anggota tubuh sebaiknya rileks terlebih dahulu.

2. Gerakan perlahan
Dalam senam misalnya, selalu ada gerakan lambat terlebih dahulu sebelum melakukan gerakan inti. Hal ini jika dilakukan secara disiplin maka tubuh dapat lebih sehat dan bugar. Sebaliknya, jika tidak dipatuhi maka tubuh bisa saja mengalami keluhan seperti kram atau sakit setelah olahraga.

3. Pendinginan
Cara pendinginan ini tentu saja bukan dengan kipas angin atau menggunakan ac. Pendinginan yang dimaksud ialah melakukan gerakan ringan seperti pada gerakan pemanasan. Hal ini penting dilakukan agar tubuh tidak mengalami cidera saat olahraga.

Itulah 3 hal penting yang sebaiknya dilakukan dalam olahraga setelah makan. Jangan lupa untuk minum air putih yang cukup setelah melakukan olahraga agar tubuh tidak dehidrasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *