Touring adalah salah satu aktivitas yang bisa menyegarkan pikiran. Mengendarai motor jarak jauh bersama dengan kawan dekat menjadi aktivitas yang diminati banyak orang, terutama laki-laki. Touring tidak selalu harus menggunakan motor besar, anda juga bisa menggunakan motor dipakai sehari-hari. Namun, sebelum touring anda sebaiknya menyiapkan beberapa hal. Berikur ini adalah beberapa persiapan touring motor yang harus dipikirkan matang-matang.

1. Menyiapkan Jaket
Saat perjalanan jauh seperti touring, anda sebaiknya menyiapkan jaket khusus. Gunakan jaket berbahan tebal yang menutupi bagian atas tubuh seperti leher, pergelangan tangan, hingga panggul. Menggunakan jaket tebal juga mampu memberi proteksi tinggi dan mengurangi resiko cedera jika terjadi kecelakaan.
2. Memilih Helm
Pilihlah helm yang sudah sesuai Standar Nasional Indonesia (SNI). Helm yang sudah SNI bisa memberi proteksi maksimal. Anda bisa memilih helm full face maupun half face, sesuai dengan kenyamanan. Pilihlah helm yang ukurannya pas dengan kepala. Karena touring merupakan perjalanan jauh, dikhawatirkan jika ukuran helm terlalu kecil akan menekan kepala dan membuat pusing. Sebaliknya, jika ukuran helm terlalu besar maka juga tidak akan nyaman saat dipakai. Anda juga harus memastikan tali pengikat terkunci dengan baik. Proteksi helm yang maksimal sangat dibutuhkan pengendara motor untuk melindungi kepala jika terjadi hal yang tidak diinginkan.
3. Mengenakan Sepatu
Saat touring, anda sebaiknya menggunakan sepatu. Pilihlah sepatu yang terbuat dari bahan tebal dan kuat. Sepatu yang baik melindungi tiga bagian kaki yaitu melindungi mata kaki, tulang kering, serta jari kaki. Mengenakan sepatu juga melindungi dari teriknya mata hari. Pastikan sepatu anda sesuai dengan ukuran kaki. Anda juga sebaiknya mengenakan kaus kaki agar memakai sepatu menjadi lebih nyaman.
4. Membawa Pakaian Ganti
Sebagian besar orang tidak membawa pakaian ganti saat touring. Padahal pakaian ganti sangat diperlukan terutama jika anda touring saat cuaca hujan. Jika pakaian yang anda kenakan basah terkena air hujan, atau jika cuaca sangat panas dan membuat anda sangat berkeringat, mengganti pakaian menjadi solusi utama agar perjalanan touring tetap terasa nyaman.
5. Membawa Jas Hujan
Setiap kali touring, pastikan anda membawa jas hujan. Baik itu saat musim kemarau maupun musim hujan. Bawa paling tidak dua jas hujan di dalam jok untuk berjaga-jaga. Jas hujan tidak hanya berfungsi untuk menjaga anda tetap kering saat hujan turun saja. Banyak orang touring yang mengenakan jas hujan terlebih jika perjalanan dilakukan saat dini hari. Cuaca dini hari lebih menggigit, terkadang menggunakan jaket tebal kurang bisa menghalau udara dingin. Mengenakan jas hujan bisa menjaga anda tetap hangat.
6. Membawa P3K
Seperti kata pepatah, mencegah lebih baik dari pada mengobati, membawa obat-obatan pertolongan pertama juga sangat dianjurkan, terlebih lagi jika anda memang sering merasa tidak enak badan. Anda tidak harus membawa banyak obat, cukup obat pertolongan pertama saja. Beberapa obat yang bisa anda bawa yaitu tolak angin, minyak kayu putih, salonplas, dan obat sakit kepala.

Enam hal di atas wajib anda siapkan dengan baik. Selain itu, anda juga harus memastikan bahwa motor dalam kendaraan prima. Akan lebih baik jika motor untuk touring sudah diservice terlebih dahulu. Pastikan juga bahwa kondisi tubuh anda dalam keadaan segar bugar. Jangan melakukan touring jika anda merasa kurang sehat. Persiapan touring motor memang tidak banyak dan ribet, oleh karena itu kegiatan touring banyak diminati untuk melepas stress. Namun anda juga harus mengutamakan keselamatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *