Banyak orang yang sudah mencoba untuk melakukan meditasi cakra. Hanya saja sebagian dari mereka sudah menyerah sebelum sukses melakukan. Sebagian mengaku merasa kesulitan saat konsentrasi, sebagian lagi merasa tidak ada gunanya melakukan meditasi semacam itu. Nah, pernahkah merasa bahwa meditasi cakra ini dapat memberikan beragam manfaat untuk tubuh. Baik dari segi kesehatan, konsentrasi, citra diri dan dapat mengendalikan emosi. Meditasi ini dapat dilakukan setiap hari agar memberikan manfaat yang positif pada tubuh. Banyak orang yang melakukan meditasi ini untuk penyembuhan. Baik itu penyakit fisik maupun penyakit mental. Sebab, meditasi ini tidak hanya memberikan energi positif pada tubuh namun juga pada hati dan nurani. Adapun cara meditasi cakra bagi pemula agar dapat langsung bisa, coba ikuti tahap berikut ini.

1. Duduk nyaman dan rileks
Langkah awal yang harus dilakukan yakni dengan mencoba duduk bersila. Sebaiknya, saat bersila, telapak kaki menghadap wajah agar posisi lebih sempurna. Usahakan posisi duduk ini nyaman terlebih dahulu. Jika sudah nyaman, coba untuk mengatur napas dengan pelan dan mendasar. Terus atur napas sampai Anda merasakan rileks.

2. Atur napas dalam
Apabila sudah merasa nyaman dan rileks, maka secara alami Anda dapat melakukan pernapasan dalam. Yakni dengan cara menarik napas melalui hidung kemudian keluarkan lagi secara perlahan. Ingat, pernapasan ini tetap menggunakan hidung. Jangan keluarkan udara lewat mulut karena akan mengganggu rasa nyaman yang Anda peroleh. Jika dapat mengatur napas dengan baik maka metabolisme tubuh dapat berjalan dengan baik. Secara perlahan Anda akan memiliki efek positif yakni dapat BAB secara lancar setiap hari.

3. Mulai konsentrasi
Langkah selanjutnya, mulailah konsentrasi dan bayangkan cahaya orange kekuningan yang muncul dari dalam diri. Konsentrasi ini bertujuan untuk memunculkan alam bawah sadar Anda agar tetap bisa berpikir positif dalam keadaan apapun. Apabila konsentrasi sudah ada, maka secara perlahan akan ada energi khusus yang muncul dari dalam tubuh Anda. Tahap ini merupakan awal meditasi cakra yang cukup sulit. Apabila tahap ini sudah terlewati dengan mudah maka tahap berikutnya akan jauh lebih mudah.

4. Memberi energi pada setiap cakra
Bayangkan bahwa kehidupan ini adalah energi kemudian salurkan pada tiap cakra yang ada. Salurkan energi tersebut pada tiap bagian cakra dari bawah kemudian bayangkan hingga kepala. Terus kelola energi tersebut hingga terpancar semua cakra yang berasal dari bagian punggung Anda. Kemudian mulai dari punggung salurkan dengan benar pada bagian tubuh lain sesuai dengan kemampuan. Jangan lupa untuk mulai dari bawah, kemudian baru mulai hingga ke atas.

5. Visualisasikan semua cakra
Pertahankan semua energi tersebut sehingga Anda bisa menangkap semua cakra dalam tubuh. Kemudian visualisasikan pada bentuk warna yang sudah Anda kelola dalam batin dan pikiran. Ingat, setiap cakra berpengaruh pada cakra yang lain sehingga Anda harus senantiasa membiasakan diri agar semua cakra bisa bersinergi positif.

Apabila semua tahapan tersebut Anda lakukan dengan baik maka semua cakra akan memberikan energi positif pada tubuh. Ketika tubuh sudah dapat merasakan energi positif yang muncul maka Anda sudah sukses melakukan proses meditasi cakra ini. Silakan lakukan secara rutin setiap hari agar hasil yang diperoleh bisa lebih maksimal. Usahakan luangkan waktu sekitar 15-30 menit setiap hari. Jangan lupa untuk selalu disiplin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *