Tahukan Anda apa itu meditasi pernafasan? Meditasi ini merupakan olahan mendasar untuk dapat berkonsentrasi dengan baik. Apabila tubuh bisa konsentrasi dengan baik maka banyak hal positif yang akan bisa kita lakukan. Tidak hanya untuk prestasi secara akademis saja, namun juga pada perilaku dan hal yang berkaitan dengan emosi bisa terkendali dengan baik. Apabila Anda melakukan meditasi ini secara disiplin maka tubuh dan jiwa bisa sehat sempurna. Banyak orang yang mengalami stress dan penat menghadapi kehidupan. Keadaan tersebut makin tidak terkendali jika sudah dihantui oleh perasaan tidak baik mengenai kehidupan. Baik itu kecemasan, ketakutan atau hal lain yang menggangu pikiran. Ketika pikiran manusia tidak sehat maka secara perlahan bisa berpengaruh pada kesehatan. Berikut ini ada beragam manfaat melakukan meditasi pernafasan.

1. Merangsang pertumbuhan otak
Otak adalah salah satu organ dalam tubuh yang bisa regenerasi kembali dan terus tumbuh. Layaknya sebuah hati yang bisa terus tumbuh apabila terjadi kerusakan sel. Dengan melakukan meditasi pernafasan ini banyak oksigen yang masuk ke dalam otak sehingga kinerja bisa lebih maksimal. Sel otak yang terus mendapatkan oksigen secara penuh maka fungsinya bisa berjalan dengan baik. Otak yang bekerja dengan baik maka akan memberikan energi positif juga pada bagian tubuh yang lain.

2. Meningkatkan variabilitas denyut jantung
Jantung menyalurkan oksigen ke seluruh tubuh kemudian tubuh meresponnya dan bisa menggerakkan organ tubuh yang lain. Tubuh yang memiliki jantung sehat maka sudah dapat dipastikan reaksi organ lain juga akan lebih maksimal. Apabila jantung kurang bekerja secara maksimal maka akan ada banyak keluhan pada bagian tubuh yang lain. Misalnya seperti kram, kesemutan atau lemas. Beragam keluhan tersebut terjadi akibat munculnya rekasi jantung yang kurang maksimal.

3. Menurunkan kadar stress
Stress terjadi akibat penumpukkan rasa lelah yang berlebih. Apabila tubuh kurang bisa management emosi dan lelah maka dapat dipastikan akan terjadi stress. Rasa stress ini dapat mengakibatkan sakit. Baik itu sakit fisik maupun sakit jiwa. Tentu saja, jika stress ini dibiarkan begitu saja dapat menjadikan manusia yang terserang menjadi gila. Tentu penyakit ini yang paling bahaya dibanding penyakit fisik lainnya.

4. Meringankan cemas dan emosi negatif
Kecemasan yang berlebihan dapat memberikan nilai negatif pada tubuh. Apabila tubuh terus mengalami kecemasan dan emosi yang berlebihan maka secara berkelanjutan akan menimbulkan beragam penyakit. Terutama sekarang ini banyak sekali penyakit fisik yang terjadi akibat rasa cemas dan emosi negatif. Pihak medis biasanya menyebut penyakit semacam ini dengan nama psikosomatis.

5. Menurunkan tekanan darah
Tekanan darah yang tinggi dapat menjadi normal dan tenang. Begitu juga sebaliknya, apabila tekanan darah agak berkurang maka bisa kembali normal karena peredaran darah normal. Keadaan ini membaik karena kebutuhan oksigen dalam tubuh dapat terpenuhi dengan baik. Tidak heran jika orang dahulu banyak yang panjang umur karena sering melakukan meditasi pernafasan.

Itulah beragam manfaat yang bisa Anda peroleh apabila melakukan meditasi pernafasan secara teratur. Akan lebih baik jika melakukan secara disiplin karena tubuh dapat merespon secara positif dan maksimal. Gunakan pikiran dan energi positif agar tubuh dapat menyesuaikan dengan cepat. Tetaplah konsumsi makanan sehat dan minum air putih secara teratur. Jangan lupa untuk selalu meluangkan waktu secara disiplin agar meditasi ini dapat dijadikan terapi untuk penyembuhan tubuh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *