Memiliki tubuh yang sehat merupakan dambaan setiap orang. Salah satu cara untuk badan yang sehat yaitu dengan berolahraga secara teratur. Biasanya olahraga dilakukan di tempat fitness, sehingga membutuhkan waktu yang lebih luang. Namun, anda tidak perlu khawatir jika cukup sibuk, karena olahraga juga bisa anda lakukan meskipun di dalam rumah. Berikut ini 5 rekomendasi olahraga di rumah untuk pemula yang bisa anda coba.

5 Jenis Olahraga yang Bisa Dilakukan di Rumah

1. Jogging
Jogging menjadi salah satu olahraga yang paling tepat dilakukan di pagi hari. Selain mudah dilakukan, olahraga ini juga tidak membutuhkan peralatan yang banyak. Anda cukup menggunakan atribut olahraga lalu berlari lari kecil mengitari lintasan tertentu. Jika anda malas keluar rumah, anda bisa melakukan jogging di rumah dengan memanfaatkan halaman depan rumah atau pekarangan yang sedikit lapang.
Sebelum melakukan olahraga ini, sebaiknya lakukan pemanasan terlebih dahulu untuk mencegah cedera pada otot. Selain itu, anda juga tidak perlu melakukannya cukup lama. Cukup lakukan secara rutin, maka anda akan mendapatkan manfaat tubuh yang sehat. Ada banyak manfaat jogging. Selain dapat meningkatkan kesehatan jantung, olahraga di rumah untuk pemula ini juga dapat memperbaiki mood, mengurangi stress hingga membentuk otot tubuh.

2. Naik Turun Tangga
Apakah rumah anda memiliki dua lantai? Jika iya, maka anda bisa menggunakannya untuk melakukan olahraga. Cara melakukanya yaitu berjalan naik dan turun tangga hingga beberapa kali. Semakin lama, anda bisa mempercepat gerakannya. Olahraga dapat melatih otot otot kaki agar lebih kuat. Agar mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan olahraga naik turun tangga secara rutin setiap pagi.

3. Gerakan Duduk Berdiri
Rekomendasi olahraga selanjutnya yaitu gerakan duduk dan berdiri. Peralatan yang dibutuhkan cukup sederhana, karena anda hanya membutuhkan kursi untuk duduk. Cara melakukannya yaitu dengan duduk di kursi selama tiga detik, kemudian berdiri. Saat duduk, posisi perut ditarik ke depan dan wajah menghadap lurus ke depan. Gerakan ini dilakukan secara berulang ulang dan menyesuaikan irama. Olahraga di rumah untuk pemula ini tidak boleh dilakukan dengan bersandar.

4. Angkat Beban
Salah satu olahraga yang sering dilakukan di tempat fitness yaitu angkat beban. Biasanya olahraga ini menggunakan beban seperti dumb dan barbel. Olahraga angkat beban memiliki manfaat yang baik bagi tubuh, salah satunya untuk melatih kekuatan otot tangan. Selain dilakukan di tempat fitness, anda juga bisa mempraktekkan angkat beban di rumah. Jika tidak memiliki peralatan gym, anda bisa memanfaatkan barang yang ada di rumah, seperti timba yang diisi air.

5. Push Up
Push up merupakan olahraga yang dapat dilakukan di manapun termasuk di rumah. Gerakan olahraga ini biasanya dimulai dengan posisi tidur telungkup. Selanjutnya, tangan berada di sisi kanan dan kiri tubuh, lalu badan didorong ke atas dengan menggunakan kekuatan tangan. Sedangkan posisi kaki dan badan tetap tegak lurus. Selanjutnya, badan diturunkan namun tidak sampai menyentuh lantai. Olahraga di rumah untuk pemula ini cukup mudah bukan?
Selain beberapa olahraga di atas, anda juga bisa melakukan olahraga sit up dan wall sit di rumah. Olahraga wall-sit hanya membutuhkan dinding sebagai sandaran saat melakukan gerakan. Meskipun olahraga di atas terkesan ringan dan dapat dilakukan di rumah, anda juga tetap harus mengawalinya dengan pemanasan. Akan lebih baik lagi jika anda melakukan olahraga tersebut secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *