Kehadiran penyelenggara telekomunikasi di Indonesia memudahkan pelanggan untuk melakukan komunikasi. Beberapa provider di Indonesia saling berebut untuk menguasai pasar dengan melakukan berbagai upaya. Tak terkecuali dengan provider Telkomsel dan Indosat yang selalu berusaha memberikan pelayanan terbaik untuk merebut pasar. Penasaran dengan sepak terjang kedua provider ini untuk merebut pasar Indonesia? Yuk simak ulasan berikut.

Kiat Kiat Telkomsel Untuk Menguasai Pasar
Telkomsel adalah perusahaan penyelenggara telekomunikasi seluler pertama di Indonesia, yang mulanya memberikan layanan pascabayar kartu Halo yang diluncurkan pada tanggal 26 Mei 1995. Selain itu, provider ini juga menjadi operator seluler pertama di Asia yang memberikan layanan GSM prabayar. Perusahaan ini mengklaim jika memiliki pelanggan terbanyak, sehingga menjadi operator seluler terbesar yang ada di Indonesia.

Selain itu, Telkomsel juga menjadi operator seluler ketujuh di dunia yang memiliki pelanggan lebih dari 100 juta. Beberapa usaha yang dilakukan oleh operator ini yaitu dengan meluncurkan layanan komersial mobile 4G LTE pertama di Indonesia. Layanan tersebut diklaim memiliki kecepatan akses internet mencapai 36 Mbps. Dengan demikian, perusahaan ini menjadi pemimpin pasar industri telekomunikasi di Indonesia.

Selain itu, Telkomsel juga secara konsisten menerapkan roadmap teknologi 3G,HSDPA, HSPA+. Bahkan perusahaan ini telah mengembangkan jaringan broadband di 200 kota di Indonesia. Tidak hanya itu, perusahaan ini juga mengedepankan kepuasan pelanggan dengan akses call center 24 jam, serta ratusan pusat layanan yang berada di seluruh Indonesia.
Bahkan baru baru ini, internet provider terbaik ini meluncurkan produk terbaru yaitu by.U yang menawarkan kuota internet dengan harga yang lebih murah. Dan yang lebih menarik, kekuatan internet by.U juga sama dengan kartu perdana Telkomsel. Produk ini ditargetkan khusus untuk Gen Z. Selain itu, berbagai layanan by.U dapat diperoleh dengan mudah melalui aplikasi by.U. Termasuk pembeliaan kartu perdana yang harus dilakukan secara online lewat aplikasi.

Strategi Indosat Menyaingi Kompetitor
Indosat merupakan salah satu provider yang didirikan pada tahun 1967. Indosat menjadi salah satu penyelenggara jasa telekomunikasi dan informasi yang terkemuka. Perusahaan ini menyediakan layanan seluler, data tetap serta layanan broadband nirkabel dan layanan suara tetap. Tidak jauh berbeda dengan Telkomsel, Indosat juga senantiasa melakukan berbagai upaya untuk menguasai pasar di Indonesia. Pengguna provider ini juga tergolong cukup banyak.

Indosat telah menggunakan teknologi digital untuk mendekatkan pelanggan seperti misalnya Ondego, Pay Up, Dompetku hingga Cipika. Selain itu, perusahaan ini juga memiliki KLOC sebagai salah satu unit yang bergerak di bidang riset teknologi serta pengembangan teknologi. KLOC Meliputi technology research, development dan manage service digital technology. Produksi dari internet provider terbaik ini yaitu IM3, mentari, matrix dan layanan data.

Untuk menyaingi kehadiran by.U yang diluncurkan oleh Telkomsel, Indosat meluncurkan layanan pembelian kartu perdana prabayar yang dapat dibeli secara online, sehingga lebih memudahkan pelanggan. Selain itu, kartu tersebut dapat diterima oleh pelanggan di waktu yang sama dengan pembeliannya. Adapun hadirnya layanan in ditujukan bagi mereka yang tidak dipisahkan dari pemakaian teknologi digital dalam kesehariannya.

Itulah beberapa langkah nyata dari kedua provider untuk menguasai pasar di Indonesia. Selain meningkatkan pelayanan, keduanya juga senantiasa meluncurkan produk terbaru untuk menjawab berbagai masalah yang dikeluhkan oleh pelanggan. Tentunya setiap provider memiliki kelebihan masing masing. Jika Telkomsel menjadi provider dengan kecepatan internet yang tidak diragukan, maka Indosat menawarkan layanan internet dengan harga yang lebih terjangkau.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *