Penyakit tipes adalah penyakita yang diakibatkan oleh infeksi bakteri salmonella typhii. Penyakit ini bisa menular dengan cepat melalui konsumsi makanan yang sudah terkontaminasi oleh bakteri salmonella. Di Indonesia sendiri setiap tahunnya ada ratusan ribu jiwa yang terjangkit penyakit tipes ini. Penyakit ini juga bisa disebut sebagai penyakit endemik yang ada di Indonesia dan menjadi masalah kesehatan tersendiri bagi masyarakat Indonesia. Penyebab utama penyakit ini berkembang di Indonesia adalah masalah sanitasi yang buruk dan juga akses air bersih yang masih sulit terutama di beberapa daerah tertentu yang membuat perkambangbiakan bakteri salmonella menjadi sangat cepat. Penyakit tipes juga banyak menginfeksi anak-anak karena sistem kekebalan tubuhnya yang belum sempurna. Jika tidak ditangani dengan serius penyakit ini juga bisa mengakibatkan kematian.

Secara umum ada beberapa gejala tipes yang biasanya dirasakan oleh pengidapnya. Gelaja ini juga sering muncul pada orang yanng mulai terinfeksi bakteri salmonella. Gejala tersebut diantaranya adalah demam yang meningkat secara bertahap setiap hari hingga sangat tinggi dan biasanya akan labih tinggi jika malam hari, nyeri otot yang berkepanjangan, sakit kepala, sakit perut dan mual, berat badan menurun. Jika kita mengalami gejala tersebut maka perlu waspada karena bisa saja kita terinfeksi penyakit tipes. Maka dari itu kita harus segela menemuai dokter unutk memeriksakan kondisi kita. jika kita terlambat maka penyebaran bakteri salmonella akan semakin banyak dan menyebar pada tubuh kita sehingga penyakit tipes akan semakin parah.

Pengobatan penyakit tipes pada tahap awal adalah pemberian antibiotik untuk menekan perkembangan bakteri yang ada pada tubuh. Setelah dokter mengidentifikasi gejala tipes yang kita rasakan maka dokter akan memberikan antibiotik yang harus kita habiskan. Hal ini berguna karena selain menekan perkembangbiakan bakteri, antibiotik juga berfungsi untuk membunuh bakteri tersebut dan menstimulasi sistem kekebalan tubuh. Penyakit tipes ringan dapat diobati di rumah tanpa harus ada perawatan lebih di rumah sakit.

Pemerintah juga menganjurkan untuk melakukan vaksinasi Tifoid agar anak-anak lebih kebal terhadap infeksi bakteri samonella. Namun vaksinasi ini belum diwajibkan karena jika kita menjaga kebersihan diri dan makanan kita, kita tidak akan terinfeksi penyakit tipes. Pemberian vaksin ini dapat dilakukan pada anak berumur 2 tahun agar menstimulasi pembentukan imun tubuh yang lebih cepat. Vaksinasi ini dpaat dilakukan di posyandu yang ada di daerah kita. kita juga bisa memilih jenis vaksinasi lain.

Penyakit tipes memang sangat erat kaitannya dnegan masyarakat Indonesia terutama yang tinggal di kota besar dengan sanitasi yang sangat buruk. Banyaknya genangan air akan membuat cadangan air resapan tanah bercampur dan terinfeksi oleh beberaoa kuman dan bakteri. Hal ini dapat berakibat buruk bagi kesehatan. Selain itu jika air yang kita konsumsi tidak bersih, dalam jangka lama akan menumpuk berbagai penyakit yang akan merusak sistem tubuh kita. maka dari itu snagat penting bagi kita untuk senantiasa menjaga lingkungan tempat tinggal kita agar selalu bersih dan suhat untuk ditinggalin. Selain itu, selalu menjaga kebersihan makanan dan bahan makanan atau minuman kita yang hendak dikonsumsi adalah kewajiban setiap orang agar terhindar dari berbagai macam penyakit berbahaya. Jika kita tidak memulainya dari diri sendiri maka tidak akan pernah terwujud perilaku hidup bersih dan sehat yang selama ini diidam-idamkan masyarakat. Kita harus memulai dari diri kita sendiri dan akan berkembang ke masyarakat sekitar kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *